Resensi: Bekisar Merah

Bekisar Merah

Lasi, gadis desa yang tidak menyadari bahwa dirinya begitu berbeda dengan kebanyakan orang di desa Karangsoga, sudah sering mengalami pahitnya menjadi pusat perhatian. Saat kanak-kanak Lasi menjadi sasaran kejahilan teman-temannya. Menjelang gadis, Lasi menjadi objek gunjingan tetangga. Setelah menikah, Lasi dikhianati. Semua itu hanya karena Lasi “berbeda”.

Lasi, gadis desa yang jengah akan ketidakadilan yang terjadi padanya, memilih mengungsi ke ibukota, kota yang seolah merupakan “planet” lain bagi Lasiyah. Tak diduga, Lasi bercerai dengan kesengsaraan, semenjak minggat dari Karangsoga. Lasi bak menjadi “bekisar merah”, ayam kampung nan elok yang dijadikan hiasan di sangkar emas sang hartawan. Semua itu hanya karena Lasi “berbeda”.

Cerita ini mengalir di latar suasana pedesaan yang syahdu, desa Karangsoga, tempat bermukim para penyadap nira yang mewarisi nasib wong cilik secara turun temurun. Alur cerita yang tertata apik membawa pembaca mengalami apa yang terjadi, menatap apa yang diharapkan, dan mengenang memoar, para tokoh dalam novel ini.

Deskripsi, seolah menjadi spesialisasi Ahmad Tohari dalam bekisah. Pembaca akan disuguhkan visualisasi dalam paragraf, yang menggambarkan sensasi dinginnya embun pagi di desa Karangsoga, wanginya asap sadapan nira yang sedang diolah, atau panasnya hati Lasi setelah dikhianati.

Desa, kesahajaan, dan benturan kultural merupakan kata kunci dalam novel ini. Literatur ini membuka wawasan pembaca akan kultur masyarakat pedesaan dan kultur sosial masyarakat kota besar pada zamannya.[]

Arfan


Judul: Bekisar Merah | Penulis: Ahmad Tohari, 1993 | Penerbit: Gramedia Pustaka Utama | Cetakan: Kelima, Agustus 2005 | Tebal: 312 halaman

Sumber gambar: goodreads.com

Tags:

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: