Bicara Harga di Karimunjawa

“Orang Bandung suka ngerusak harga. Maksa ingin dapat snorkel, dia bilang mau bayar berapapun. Akibatnya,nelayan-nelayan di sini jadi naikkin harga! Duh saya bilang!” sahut Pak Musairi.

Kepulauan Karimunjawa termasuk daerah administratif Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa memiliki 27 pulau yang membentang dari Barat ke Timur dengan ciri khas dan kelebihan masing-masing. Pulau yang terbesar adalah Pulau Menjangan Besar. Di pulau ini terletak pelabuhan penyeberangan kapal ro-ro yang menghubungkan Kep. Karimunjawa dengan Jepara dan Semarang.

Akses menuju Kep. Karimunjawa adalah dengan penyeberangan kapal cepat dari Semarang atau kapal ro-ro dari Jepara. Waktu tempuh menggunakan kapal cepat dari Semarang adalah 3 jam. Sedangkan penyeberangan dengan kapal ro-ro dari Jepara memakan 6 jam perjalanan, meskipun jarak Jepara-Karimunjawa lebih dekat. Berikut in jadwal penyebrangan Ke Karimunjawa:

Jepara – Karimunjawa (KMP Muria)

– Waktu tempuh 6 jam

– Harga tiket

Bisnis : Rp 25.000

VIP : Rp 50.000

– Jadwal keberangkatan :

Jepara – Karimunjawa:

Sabtu, Senin, dan Rabu, pukul 09.00.

Karimunjawa – Jepara:

Minggu, Selasa, dan Kamis, pukul 08.00

Semarang/Jepara – Karimunjawa ( KMC Kartini)

– Waktu tempuh 3 jam

– Harga tiket :

VIP Semarang – Karimunjawa : Rp 131.000

VIP Karimunjawa – Semarang : Rp 128.000

VIP Jepara – Karimunjawa : Rp 83.000

Bisnis Semarang – Karimunjawa : Rp 111.000

Bisnis Karimunjawa – Semarang : Rp 108.000

Bisnis Jepara – Karimunjawa : Rp 63.000

– Jadwal keberangkatan :

Senin : Setiap minggu pertama dan minggu ketiga

Semarang – Karimunjawa, 07:00 WIB

Jepara – Karimunjawa, 09:30 WIB

Hari Selasa : Setiap minggu pertama dan minggu ketiga

Karimunjawa – Semarang & Karimunjawa – Jepara, 11:00 WIB

Sabtu : Semarang – Karimunjawa, 08.30 WIB

Hari Minggu : Karimunjawa – Semarang, 14.00 WIB

Anda yang akan melakukan perjalanan ke Karimunjawa, disarankan untuk mengecek jadwal penyebrangan kapal dan harga tiket di:

ASDP Jepara : (0291) 591 048.

Pengalaman saya menaiki KMP Muria, cukup menyenangkan. Cukup bersih, WC-nya cukup nyaman, ada televisi yang biasanya menyajikan dangdut, dan kapal bergerak cukup lama untuk tidur siang atau main catur. :)

Selain membawa penumpang, KMP Muria juga membawa bahan-bahan pokok seperti kelapa, telur, beras, dll. Ada juga truk, mobil, dan motor yang ‘menumpang’ di dek bawah kapal.

Akomodasi dan Kebutuhan Sehari-hari
Konsentrasi penduduk terbanyak berada di pulau Menjangan Besar, yang juga merupakan gerbang menuju Kep. Karimunjawa. Di pulau ini terdapat banyak akomodasi mulai dari penyewaan rumah penduduk, cottage, hingga hotel. Pusat ‘kehidupan’ berada di pulau ini.

Harga penginapan di Menjangan Besar bervariasi antara 15.000, 125.000, hingga jutaan rupiah per malam per kepala. Tentunya harga berbanding lurus dengan fasilitas yang ditawarkan.

Biasanya, rumah penduduk menjadi andalan para backpacker yang ‘mengharamkan’ biaya mahal. Fasilitas rumah penduduk, menurut saya cukup mumpuni untuk hanya sekedar singgah. Fasilitas yang ditawarkan penduduk adalah wellcome drink (es kelapa muda), tempat tidur, wc, air minum galon, dan bahkan kita bisa minta dimasakkan makanan sehari-hari dengan biaya tambahan. Kami menginap di rumah Pak Musairi. Beliau orang Madura yang sudah puluhan tahun berada di Karimunjawa. Beliau sangat baik, kita sering mengobrol tentang ini-itu pada malam hari. Obrolannya seru. Oya, Pak Musairi menawarkan harga sewa rumah per kepala Rp 15.000 per malam.

Untuk urusan perut, selain bisa meminta penduduk untuk memasakkan makanan, kita bisa juga makan di warung Bu Ester. Begitulah, warung ini cukup terkenal, karena mungkin satu-satunya warung makanan di pulau Menjangan Besar. Penganan yang tersedia tidak terlalu istimewa, kira-kira seperti menu warteg di kota besar. Namun harga yang ditawarkan sangat cocok, kisaran 4.000-8.000 rupiah sekali makan, dengan menu nasi + lauk + sayur + teh manis. Cukup ideal untuk mengisi tenaga sebelum menjelajah pulau-pulau.

Ada beberapa warung kelontongan dan satu pasar tradisional yang menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti mie instant, air minum, sendal jepit, rokok, sabun, dll. Tidak ada ATM disini. Maka para pelancong disarankan untuk membawa uang secukupnya dalam bentuk cash. Jika membawa kendaraan bermotor, perlu diketahui, tidak ada SPBU (yang berfungsi) disini. Maka kebutuhan bahan bakar hanya diperoleh secara eceran di pinggir-pinggir jalan. Biasanya warga setempat berjualan bensin premium di depan rumah mereka, dengan harga sekitar 7.000 per botolnya (entah 1 liter atau bukan, bensin dijual per botol, sebesar botol jamu).

Oya, tiap malam minggu, di kantor kecamatan selalu diadakan ‘layar tancep’ (canggih juga sih, pake infokus lho!). Kantor kecamatan terletak di seberang lapang bola, dekat pelabuhan kapal nelayan, dekat warung Bu Ester tadi. Setiap ada layar tancap, jalan di sekitar diramaikan oleh lapak –lapak dadakan, penonton berkerumun di pinggir lapangan, atmosfir hiburan rakyat sangat kental saat itu. Tapi ada satu yang mengganjal, suguhan layar tancap tersebut adalah… sinetron!

Pasokan listrik di Karimunjawa tidak penuh 24 jam. Nyala listrik terbatas pada pukul 18.00 hingga pukul 06.00 keesokan harinya. Maka, jika rombongan menginap di rumah penduduk, selain mengantri pemakaian wc, kita juga mengantri colokan listrik.

Adventure
Jika akan berpetualang ke Karimunjawa, idealnya secara rombongan, berkisar antara 10 -20 orang per rombongan. Kenapa? Karena dalam penyewaan kapal nelayan nantinya, harga sewa tidak terasa terlalu mahal. Harga sewa kapal nelayan kapasitas 10 orang berkisar antara Rp 300.000-350.000 per hari. Untuk kapasitas 20 orang, harga sewa kapal nelayan sekitar Rp 600.000.

Sementara itu, harga sewa alat snorkling adalah Rp 30.000 per hari. Satu set alat snorkeling berupa kacamata, snorkle, fin (kaki katak), dan pelampung. Jika anda jijik-an, disarankan bawa snorkel pribadi.

Nelayan yang menyediakan jasa keliling pulau di Karimunjawa baik-baik. Mereka sering merekomendasi tempat-tempat yang layak dikunjungi. Bahkan kita bisa meminta untuk di antarkan ke pulau-pulau terluar di Karimunjawa, seperti Pulau Nyamuk, asalkan cuaca sedang baik. Biasanya, satu kapal diawaki oleh 3 orang nelayan yang bertugas sebagai kapten, penunjuk arah, dan anak buah kapal. Kebetulan, kami menyewa kapal Pak Yadi, yang bekerjasama dengan pemilik rumah sewa (Pak Musairi).

Jika beruntung mendapatkan nelayan yang baik, selain jalan-jalan, kita akan diberi service khusus. Contohnya kami, Pak Yadi sering menangkapkan ikan untuk kami. Bahkan kami diajarkan cara-cara menangkap ikan, menjaring, memancing, bahkan memanah ikan.

Saat singgah di salah satu pulau, sementara kami ber-snorkling ria, Pak Yadi menjaring ikan, Mas Ubet memanah ikan, Pak Muzakir memancing ikan. Mereka sangat ahli. Setelah ikan-ikan terkumpul, kami membakar bersama-sama di tepi pantai. Perut kosong setelah ber-snorkling, terisi kembali oleh ikan bakar. Mantap!

Oya, tidak semua pulau ‘gratis’ untuk disinggahi. Biasanya ada pulau-pulau yang mematok harga sandar kapal, berkisar antara puluhan ribu. Para nelayan disana sudah hapal pulau mana saja yang gratis. So, ask them! Ada pula pengelola pulau yang mematok Rp 10.000 per kepala. Mudah ditebak, kami tidak mengunjungi pulau tersebut.

Satu pesan kami, sesama backpacker: jangan merusak harga! Ya, harga-harga di Karimunjawa sudah seragam, jangan dirusak dengan menaikkan harga demi mendapat yang anda inginkan. Contohya, jika sedang tidak ada stok sewa snorkel, lalu anda memaksa nelayan untuk mencarikannya dengan imbalan anda berani membayar harga diatas Rp 30.000. Jangan! Karena harga anda akan jadi patokan di lain waktu.

“Orang Bandung suka ngerusak harga. Maksa ingin dapat snorkel, dia bilang mau bayar berapapun. Akibatnya,nelayan-nelayan di sini jadi naikkin harga! Duh saya bilang!” sahut Pak Musairi.

“Om, saya tahu om mampu bayar berapapun, tapi jangan gitu dong Om. Nanti harga disini jadi rusak! Kasihan yang lain (wisatawan lain. –rfun)” kata Pak Musairi saat menceritakan pengalamannya menasihati wisatawan kaya.

Begitulah.[]

Arfan

__________
Foto: dokumen pribadi

Tags: , , ,

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

31 responses to “Bicara Harga di Karimunjawa”

  1. andalusia NP says :

    terimakasih infonya fan…detail dan lengkap sekali :)

    oia, fan coba susun tulisan perjalananmu untuk jadi sebuah buku. Buku2 ttg backpacker kan lagi heboh sekarang…

  2. Arfan . says :

    Makasih… Sama-sama teh…
    Waduh teh, masih cupu saya mah..
    Belum berani..
    :)

  3. Umi Akhdadiyah says :

    Bisa minta telponnya Pak Musairi dan Pak Yadi?

    Terima kasih…

  4. Arfan . says :

    Lewat PM yaa..
    Hihihi..

  5. nurman kurniadi says :

    Boleh minta telponnya Pak Musairi dan Pak Yadi gan?
    bs kirim ke emailku aja (nurmankurniadi@yahoo.co.id)
    thx .

  6. panji areta says :

    saya minta no pak Musairi donk

  7. Arfan . says :

    Om Nurman, & Om Panjixx sudah saya kirim nomor Pak Musairi lewat PM/email.
    Maaf telat sekalii!
    Salam

  8. erwin idamanto says :

    bisa minta no tlp Pak Musairi dan Pak Yadi? minta tolong kirim ke email saya (u_winrice@yahoo.com). Tq

  9. liza aprilia says :

    hai hai salam kenal.. boleh saya minta nomer pak musairi juga ? makasih banyaaaak :) [liza – lizaaprilia@gmail.com]

  10. Arfan . says :

    Mas Idamanto n Mbak Liza..
    Nomer hp pak Musairi sudah di sent ke email masing2..
    DI cek yaa..

    Oya jangan lupa catper sepulang dari sana.. Siapa tau banyak yang berubah di Karimun.. Hehe
    Have a nice trip!

  11. santi soehoed says :

    permisi gan…..bagi info hp pak musari dan pak yadi boleh ya??via japri aja email: santisoehoed@yahoo.co.id.

    Thanks before n after

  12. daru soho says :

    gan,minta no HP nya Pak Musairi n Pak Yadi,,lumayan tenang kalo ada kenalan di sana,rencana rombongan mau ke KJ ni.email ane ya : abe_a1@yahoo.com,,thx bgt bantuannya gan

  13. Arfan . says :

    Udah dikirim gan.
    Have fun!

  14. titi nata says :

    halo! salam kenal! seru banget tips'nya. boleh minta kontak pak Musairi& pak Yadi? via email ke: gernatatiti@gmail.com. thanks b4

  15. Dian Wiryono says :

    halo. saya dan teman2 berencana pergi ke karimunjawa juga. boleh minta no telp Pak Musairi dan Pak Yadi? email saya: wiryonopuspasaridian@gmail.com
    terimakasih sebelumnya.

  16. FAIZ AZIZ says :

    minta nomernya pak musairi n pak yadi donk mas,,email saya zeaV90@gmail.com,,makasih y mas arfun…tlong ya…

  17. ghita qu says :

    gan, mnta no hapenya pak musairi dnk..
    kirim ke email mimipipi_ghita@ymail.com

  18. paula cecilia says :

    bro..minta donk hapenya pak musairi.. bisa email ke cecilia_pcus@yahoo.com ato paula_m0715@hotmail.com… aku tggu ya… thx bro..:)

  19. zacky rahman says :

    coy..bisa minta nomornya pak musairi n pak yadi…
    ke email ya…muhammadzakky48@yahoo.com
    thanks before bro arfun….

  20. rizki amrulloh says :

    mas bro,minta nomornya pak musairi donk..
    backpacker mudah mau ksana nih.

    padlock_2@yahoo.com
    thakyu mas bro..

  21. rizki amrulloh says :

    mas bro,minta nomornya pak musairi donk..
    backpacker mudah mau ksana nih.
    kirim ke my email ya..
    padlock_2@yahoo.com
    thakyu mas bro..

  22. fathoni yuliansyah says :

    mas bisa minta no nya pak musairi tolong kirim d email oglenk_10@yahoo.com

    mw tnyk dipelabuhan kartini ada penitipan mobil or sepeda motor gg??

  23. Faiq Hidayat says :

    Boleh minta telponnya Pak Musairi dan Pak Yadi gan?
    bs kirim ke emailku aja (hidayatfaiq@ymail.com)
    thx .

  24. Dede Arifin says :

    tlg no. Pak Musairi & Pak Yadi kirim ke email sy jg donk (d_darifin@yahoo.com)
    thnx.

  25. Dewi Safitri says :

    sy ikutaan minta no hp pak musairi n pak yadi ya :) trims (sefhirea84@gmail.com)

  26. ridho akhmad says :

    sy ikutan jg mnta nmer hp pak musairi y.. :) makasih gan…
    ( ridho.akhmad29@yahoo.co.id )

  27. anggity says :

    minta nomer pakmusairi yaaa, makasih (anggitya.nugroho@ymail.com)

  28. Hanif says :

    mas, minta nomernya pak musairi dan pak yadi ya.. butuh liburan murah ke karimunjawa nih. thanks (hanifunabdillah@yahoo.co.id)

    • faila alee says :

      mas, minta nomernya pak musairi ya.. bulan depan ada rencana mau backpackeran kesana jg. terimakash. (failaalee66@gmail.com)

  29. yulia says :

    Ikutan juga minta nomernya pak Musairi dan pak Yadi. Bisa dikirim ke aryatiyulia@gmail.com
    Makasih :)

  30. Laras says :

    Mas minta nomornya pak musairi dan pak yadi dong. laraserie@gmail.com

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: