Resensi: Keep Your Hand Moving

Keep Your Hand Moving (Panduan menulis, mengedit, dan memolesnya)

Terpesona akan simplisitas cover buku ini, termasuk tipografi judul dan sub judul yang ditulis dengan style desain kekinian, maka saya langsung mencomotnya dari rak toko buku. Setelah membaca nama pengarangnya, Anwar Holid, saya langsung percaya buku ini bagus. Karena setahu saya Anwar adalah editor kawakan yang juga sering menjadi praktisi dan pembicara di berbagai kelas penulisan.

Lalu saya berekspektasi tentang rincian (guide line) yang ditulis beliau di buku ketiganya ini. Pikir saya, akan ada panduan lengkap tentang EYD hingga rincian jenis-jenis tulisan, mengingat judulnya yang persuasif dan berkesan membahas kepenulisan secara umum, Keep Your Hand Moving.

Ternyata ramalan saya sedikit meleset. Tidak ada rincian yang bersifat guide line dalam buku ini, tidak ada rincian jenis-jenis tulisan. Ternyata ini bukan jenis buku “How to…” yang banyak beredar. Ramalan yang lainlah, tentang kepenulisan secara umum, justru yang benar. Dengan kata lain, buku ini memang benar-benar membahas kepenulisan secara umum.

Anwar Holid membagi bahasannya dalam delapan bab. Dalam bab pengantar dan dua bab awal Anwar mencoba memotivasi pembaca dengan berbagai pengalamannya maupun pengalaman penulis lain. Bab-bab selanjutnya Anwar menjelaskan teknis-teknis umum dalam menulis dan mengedit tulisan. Sekali lagi, jangan berharap rincian teknis menulis yang bersifat guide line. Poin-poin yang biasanya diharapkan pembaca dalam sebuah buku panduan, harus pembaca temukan sendiri daram paragraf-paragaraf naratif Anwar. Lalu pada bab akhir, Anwar kembali memberikan motivasi-motivasi yang (diharapkan) mendorong pembaca untuk terus berusaha menulis.

Buku ini dikemas secara menarik, populer, dan menurut saya cukup inovatif dengan layout yang segar. Kecuali itu, diksi, tata bahasa, struktur kalimat, dan segala sesuatu tentang tulisan Anwar di buku ini, sangat lincah dan mudah dipahami. Meminjam istilah yang tertulis di buku ini, tulisannya memikat dan tingkat keterbacaannya tinggi.

Buku ini layak dibaca oleh penulis pemula, karena selain berisi tips dan motivasi untuk menulis, struktur kalimat, EYD, tata penulisan, dan segala aspek fisik yang seharusnya ada dalam sebuah karya tulis, ada dalam buku ini. Dengan kata lain, penulis pemula dapat mencontoh cara penulisan kalimat dari paragraf-paragraf Anwar di buku ini.

Namun, terlepas dari si empunya buku yang merupakan editor, saya tetap menemukan kekecewaan dalam buku ini. Bagi seorang yang seberpengalaman Anwar dalam dunia kepenulisan, buku ini terlalu bertabur kutipan opini orang lain.

Selain itu, dan yang paling utama, masalah pengulangan materi. Ada beberapa kata kunci, sekaligus pembahasan dalam satu bab yang diulang-ulang di bab lain. Bahkan, contoh kasus paling ekstrim, ada kalimat-kalimat yang persis sama ditulis di paragraf lain (perhatikan halaman 5, 6, dan 58) yang cukup mengganggu.

Entah hal di atas disengaja atau tidak. Semoga saja memang disengaja, karena jika tidak, hal ini menjadi kontradiktif dengan tujuan utama di salah satu bab: Berani menyunting tulisan sendiri.[]

Arfan


Judul: Keep Your Hand Moving | Penulis: Anwar Holid, 2010 | Penerbit: Gramedia Pustaka Utama | Cetakan: Pertama, 2010 | Tebal: 132 halaman

 

Tags:

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Trackbacks / Pingbacks

  1. Menulis, Lima Masalah Empat Solusi | Rfun - 29 April 2011

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: