Perjalangan Bangsa Indonesia? (Semoga) Salah Ketik Tempo Interaktif

Screenshot artikel di web Tempo Interaktif

Saat mencari berita tentang meninggalnya wartawan senior Rosihan Anwar, saya menemukan kesalahan ketik yang cukup mengganggu pada sebuah artikel di rubrik Fokus! di web TempoInteraktif.com berjudul Bubur Terakhir Rosihan Anwar. Artikel yang diunggah pada Kamis, 14 April 2011 pukul 14.13 WIB tersebut saya akses pada Senin, 18 April 2011 pukul 14:00 WIB. Artinya, tepat empat hari sudah artikel tersebut bertengger di laman web.

Screenshot artikel di web Tempo Interaktif

Screenshot artikel di web Tempo Interaktif

Sekilas membaca berita tersebut, saya kaget, karena ada kata yang sepertinya salah ketik dan sangat merusak makna kalimat secara keseluruhan. Berikut kutipan paragraf yang mengandung kesalahan kata di artikel tersebut:

Maklum saja, ia merupakan salah satu tokoh pers tanah air. Ia juga saksi sejarah perjalangan bangsa Indonesia mulai dari penjajahn Belanda dan Jepang hingga meraih kemerdekaan. Ia juga mengalami enam kali pergantian presiden, mulai dari Soekarno, Soeharto, B.J Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Tokoh pers sekalgus ahli hokum S. Tasrif menjuluki Rosihan sebagai sebuah catatan kaki dalam sejarah.

Perjalangan bangsa Indonesia? Apa maknanya? Apa pula arti dari kata tersebut? Kesalahan ini saya rasa cukup mengganggu dan tidak sepatutnya dilakukan oleh media sekaliber Tempo. Disamping itu ada juga kesalahan ketik lain seperti yang saya beri underline di kutipan paragraf di atas.

Memang, media (terlebih dalam format web) selalu saja berlomba untuk mengunggah berita ter-update secepat mungkin. Namun bukan berarti proses proofreading menjadi terabaikan. Kepada redaksi Tempo Interaktif, semoga kesalahan yang sangat disayangkan ini dapat segera diperbaiki, karena walaupun kesalahan kecil, bisa saja menimbulkan penafsiran yang absurd.(rfun)

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: