Menulis, Tanggungjawab Akademis [2]

Tulisan kedua, lanjutan dari tulisan pertama.

Mulai Dari Media Massa

Menurut Hawe Setiawan, menulis adalah realisasi tanggungjawab akademis kepada khalayak. Logika sederhana: apa yang diketahui seorang akademis mungkin perlu pula diketahui orang banyak. Menurutnya, menulis berarti menjawab tantangan untuk menjembatani menara gading kampus dengan masyarakat.

Hawe menyangsikan bahwa tradisi literasi akademis di tanah air masih melempem, kalah jauh dari negara tetangga. Contoh sederhana, banyak profesor yang dipandang sekedar dari pengalaman mengajar, bukan dari produktifitas kepenulisannya. Belum lagi membicarakan produktifitas tulisan akademis seperti text book atau jurnal ilmiah, lagi-lagi kita tertinggal jauh dari India bahkan Vietnam.

Perlu sebuah upaya peningkatan tradisi literasi di kalangan akademisi, diantaranya dengan membuat pengondisian sistematis yang menghubungkan antara perolehan gelar keilmuan dengan produktifitas tulisan. Terdengar rumit. Namun, ada cara sederhana yang kiranya dapat dijadikan titik awal tradisi literasi masyarakat akademis: menulis di media massa.

Hawe berpendapat, tugas besar masyarakat akademis adalah menulis pengetahuan yang dipegang, dalam bahasa populer. Dan media massa adalah sarana tepat. Media massa menjadi sangat efektif bagi akademisi untuk menyampaikan pemikiran terkait keilmuan yang dimiliki kepada masyarakat, mengingat skala distribusinya yang umum.

Lagi, menurut Hawe budaya literasi yang hendak ditingkatkan lewat tradisi menulis di media massa akan membawa nilai tambah berupa: peningkatan kualitas literasi masyarakat akademis, serta penguatan kondisi daya tahan kebudayaan.

Jika saya boleh menambahkan, menulis di media massa akan membuka wawasan sekaligus ruang diskusi di tengah masyarakat. Menulis di media massa artinya menggulirkan bola salju yang terus membesar mulai dari wacana (bahkan) sampai kepada pencerahan masyarakat. (bersambung)

Tags:

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: