Blog dan Komitmen

“Masyarakat di era budaya kelisanan baru dewasa ini seperti sibuk melakukan apapun, hingga sulit berkomitmen.”

Itu kata Bambang Sugiharto, filsuf besar asal Unpar. Lebih menohok lagi, beliau pernah berkata kira-kira seperti berikut:

“Masyarakat sibuk berpesta tiap saat tanpa merayakan apapun.”

Waktu seakan tereduksi, tak pernah cukup. Namun ironisnya, produktifitas pun ikut-ikutan tereduksi. Manusia kini seolah sibuk ini itu, tapi sesungguhnya tidak bergerak kemana-mana. Absurd!

Di era pesta pora dunia maya sekarang ini, gampang saja melihat salah satu indikator komitmen: blog.

Blog ibarat identitas kedua bagi manusia di era digital, tentu saja setelah nomor hp, email, facebook, twitter, pin BB, plurk, linkedin, dan seterusnya (Ah, jadi identitas keberapa tah?). Blog, sejak dirintis oleh Jorn Bagger pada 1997 kian populer hingga kini (walau kian usang dari segi kemasan dan kepraktisan). Populer sebagai media ekspresi pribadi, komunikasi, sharing, dan lain sebagainya. Intinya, tidak jauh dari hasrat purba manusia untuk bercerita dan berbagi.

Hasrat purba manusia identik dengan kebutuhan dasar, seperti makan, berkumpul, reproduksi, dan lainnya. Maka, bercerita dan berbagi, dalam konteks tulisan ini bisa diejawantahkan menjadi blogging (bercerita dan berbagi lewat media blog), merupakan kebutuhan dasar pula. Meski tidak mutlak.

Ilustrasi: savvyblogging.net

Lalu, hubungan blog dengan komitmen?

Komitmen, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (punya saya KBBI berbentuk software), artinya perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak. Berdasarkan definisi keterikatan, tentu saja manusia (harus dan pasti) punya keterikatan untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan dasarnya. Berarti, blog yang tadi diasumsikan sebagai kebutuhan dasar, sudah barang tentu berkaitan dengan komitmen.

Salah satu indikator komitmen adalah blog. Sederhana saja, blog yang selalu update berarti milik seorang yang punya komitmen. Blog yang selalu update, apalagi dengan konten yang bermutu dan orisinil, berarti milik seorang yang berkomitmen tinggi. Bayangkan, di tengah kesibukannya bekerja, kuliah, berdakwah, berbisnis, seseorang masih sempat-sempatnya blogging. Apa itu artinya, kalau bukan komitmen?

Sebaliknya blog yang updatenya sekenanya, jarak antar postingan berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun lamanya, adalah milik manusia yang kurang berkomitmen. Dalih klise: sibuk, tak ada waktu, banyak pekerjaan, tugas menumpuk, adalah pembenaran yang mengada-ada.

Seorang penulis, maaf saya lupa siapa, pernah berkata:

“Orang yang berkata ‘saya sibuk’, justru seorang pemalas.”

Artinya dalih-dalih klise tersebut di atas, sudah kehilangan tempatnya. Bukankah teknologi yang serba instant sekarang ini dimaksudkan untuk mempersingkat kerja; sehingga kita masih punya sisa waktu untuk memenuhi kebutuhan lainnya?

***

Itulah kira-kira yang terjadi pada saya pribadi. Entah kemana saya selama ini. Seolah sibuk ini itu, sampai-sampai blog arfun.multiply.com saya ini hampir yatim. Bayangkan, posting terakhir, satu tahun lalu! Luar biasa.

Kontrak komitmen dalam blogging dimulai sejak register akun pertama kali. Sekali ter-publish itu blog, seorang blogger hendaknya paham akan komitmennya untuk terus memperbaharui konten dalam blognya. Salah sendiri bikin blog?![]

Arfan

__________

Tags:

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

2 responses to “Blog dan Komitmen”

  1. gss leces says :

    kena deh saya…!!

  2. Arfan . says :

    Kena gimana mas?! Blog mas penuh gitu.. Hehehe
    Wah, kayaknya mas goweser sejati nih..
    Salam deh, dari bandung..

    -Goweser Tentatif :)

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: