Membuat Rekening Mandiri

Saya tipe penabung celengan. Tapi kerna sulit untuk main transfer-transferan duit, makanya saya perlu sebuah rekening bank. Sebetulnya saya punya satu rekening BNiiiii (sensor maksutnya :)), tapi itu khusus buat urusan bayar-bayar kuliah. Kalau dipake untuk transfer-transfer urusan lain, takutnya kacau. Makanya saya putuskan untuk bikin satu rekening lagi.

Setelah konsultasi sana-sini, cek ricek website, akhirnya saya pilih Mandiri. Okelah, saya mulai pergi ke bank yang terdekat dengan rumah. Karena, ada salahsatu aturan untuk membuka rekening di bank Mandiri yang beroperasi di wilayah Pemda penerbit Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon nasabah. Kalau membuka rekening di luar wilayah KTP, harus ada lampiran surat-surat lain. Ribet lah.

Saya langsung menuju bagian Customer Service (CS). Awalnya, saya mau membuka rekening dengan judul TabunganKu. Karena setoran awal hanya 10 ribu rupiah, dan yang paling penting, tidak ada potongan administrasi bulanan.

Namun setelah saya bilang ke mbak-mbak CS-nya, saya justru diarahkan untuk membuka rekening jenis Mandiri Tabungan, yang setoran awalnya 500 ribu rupiah, dan potongan bulanan 9000 rupiah. Saya tidak bisa membuka rekening TabunganKu, alasannya rekening tersebut khusus untuk pelajar dan keperluan sekolah. Padahal saya yakin benar, waktu mengecek di web bank Mandiri, tidak ada syarat seperti itu. Malah di webnya tertulis jelas:
“TabunganKu adalah tabungan untuk perorangan Warga Negara Indonesia”(http://www.bankmandiri.co.id)

Sebenarnya saya memang niat menyetor awal 500 ribu, jadi sudah sedia uangnya. Tapi, maksud saya untuk membuka rekening TabunganKu yang tanpa potongan bulanan, tidak terlaksana. Itu tadi, sedemikian, saya diarahkan membuka Mandiri Tabungan. Tapi ya sudahlah, bukan masalah.

Saya hanya sedikit kecewa, peraturan yang tertulis di web kurang sinkron dengan yang dikatakan mbak-mbak CS di lapangan.

Oke, setelah saya kasih lihat KTP, saya mulai mengisi form-form yang dikasih mbak-mbaknya. Tandatangan sana sini. Lalu terakhir, tandatangan di atas materai 6000.

Setelah beres, saya didaftarkan fasilitas SMS Banking. Saya setuju, daripada daftar di ATM, lebih baik didaftarkan langsun sama mbak-mbak CS. La la la la, akhirnya buku tabungan saya selesai dicetak. Terus saya dikasih semacam kupon untuk mengambil kartu debit/kartu ATM yang akan jadi sepuluh hari kemudian. Terus, saya diingatkan untuk mengganti nomor pin fasilitas SMS Banking saat saya dapet SMS konfirmasi dalam 1×24 jam.

Setelah memegan buku tabungan, dan tidak lupa bilang terimakasih sama mbak-mbaknya :) saya tinggal pindah ke bagian teller untuk menyetor uang 500 ribu sebagai setoran awal. Karena masih pagi, tidak ada antrean samasekali.

Beres dah. Sedari masuk sampai keluar bank, cuma makan waktu 20 menit kurang.

Tips
Berikut tips-tips untuk buka rekening di Mandiri (ah, di bank-bank lain juga sama aja lah):

  • Sebelum pergi ke bank, cek n ricek dulu syarat dan ketentuan pembuatan rekening di web resmi bank yang anda pilih. Untuk Mandiri web resminya adalah www.bankmandiri.co.id. Kalau bisa, syarat & ketentuan di print. Jaga-jaga, biar bisa mendebat mbak-mbak CS-nya kalau diperlukan
  • Dateng pagi-pagi, sekitar jam 8an, kalau gak mau antri lama-lama
  • Siapkan KTP, fotokopi KTP, Materai 6000 (untuk fotokopi dan materai, kalau tidak bawa, di bank-nya juga disediain)
  • Pilih bank tempat membuat rekening yang terletak di area yang sama dengan area KTP anda-anda, kalau tidak mau ribet siapin surat-surat lainnya
  • Jangan lupa bawa uang setoran awal
  • Jangan lupa nama ibu kandung :) Pasti ditanya!

Begitulah kira-kira.[]

Arfan

__________
Ilustrasi: Bankmandiri.co.id

Tags:

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Komentar anda

