Tentang SEO(nggok) Blog

Saya setuju dengan penerapan SEO (Search Engine Optimization) sebagai salahsatu cara untuk meningkatkan kunjungan pada blog kita. Itu artinya tulisan kita kemungkinan besar dibaca banyak orang.

Dengan kata lain idea kita akan turut tersebar. Lambat laun opini kita akan terus bergulir menjadi wacana di masyarakat. Syukur-syukur ide/opini tersebut bermanfaat, apalagi mencerahkan.

Yang saya tidak setuju adalah, trik-trik SEO yang ‘kebablasan’. Seolah hanya bertujuan untuk meningkatkan pagerank, traffic, urutan di mesin pencari, klik, dsb.

Alhasil blog semacam ini hanya berisi konten hasil copy-paste, tag/label yang berjumlah ratusan tapi samasekali tidak relevan dengan konten, atau blog dengan jumlah iklan yang melebihi jumlah konten.

Blog-blog begini selalu ada di halaman terdepan di search engines saat diketikkan katakunci apapun. A-p-a-p-u-n!

Anda tau kan maksud saya? Mulai dari ‘politik pencucian uang’ sampai ‘jenis-jenis mainan anak’, mulai dari ‘kehidupan Ahmadinejad’ sampai ‘perceraian selebrita’, ulai dari ‘teori kritik sastra’, sampai ‘tips putus cinta’, blog-blog semacam ini selalu menjadi yang ‘terdepan’ di search engines.

Tapi saat seseorang benar-benar mengklik halaman blog tersebut, didapatinya halaman yang penuh tautan-tautan adsense tanpa adanya konten yang sebetulnya sedang ia cari.

Saya pribadi selalu mem-blacklist web/blog semacam ini. Dalam satu titik saya merasa tertipu. Jangan salah, lambat laun para narablog akan hafal alamat blog seperti itu. Dan lambat laun, narablog tidak akan pernah mengunjunginya lagi, karena mengecewakan.

Bagi saya blog semacam ini jauh dari bermanfaat. Blog semacam ini hanyalah (maaf) seonggok sampah maya.

***

Kembali ke SEO. Tidak salah sih untuk menerapkan trik SEO seekstrim yang saya keluhkan di atas. Itu hak semua orang. Tapi yang perlu diingat juga, orang lain pun memunyai hak untuk mendapat informasi yang layak ketika mengetikkan kata kunci di search engines.

Saya kurang paham dengan dunia trik SEO. Tapi saya paham mana web/blog yang menerapkan trik secara sehat, dan mana yang sakit. Saya yakin narablog lain juga memiliki pemahaman terhadap kualitas blog.

Semua itu terlihat dari kontennya.[]

Arfan

__________
Catatan: Awalnya tulisan ini dimaksudkan untuk mengomentari sebuah postingan tentang SEO di salahsatu blog di Multiply milik Mas Catur HP. Namun setelah beres mengetik, kok rasanya lebih baik dijadikan postingan ya? Hehehe…

Sumber gambar: newmediawords.biz

Tags:

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

10 responses to “Tentang SEO(nggok) Blog”

  1. Sri Sarining Diyah says :

    salam kenal mas arfan, maaf langsung baca tanpa permisi :)

  2. Arfan . says :

    Salam kenal juga Mbak Sri.
    Hehehe, permisi itu dipake kalau mau lewat di depan ibu-ibu rumpi di sore hari di gang sempit :D

  3. Catur Hadi P says :

    Saya kurang paham juga kok mas, jadi masih belajar dengan SEO.
    Serunya belajar SEO ya tantangannya itu loh mas, gimana sih blog kita agar bisa bersaing dengan jutaan blog di internet….
    Maklum saja, sekarang makin banyak orang belajar SEO… jadi jika kita tidak ikut serta di dalamnya… bisa kalah bersaing di search engine…
    Oke gitu dulu mas Arfan…
    * malah bagus yang tadinya cuma mau dijadikan komentar malah bisa jadi tulisan panjang yang bermanfaat kan hehe…

  4. Arfan . says :

    Iya mas, setuju!
    Saya lumayan ngeh sekarang pentingnya SEO.
    Awalnya samasekali gak peduli :)

  5. Kang Ibut ™ says :

    :) saya sangat sering tertipu dengan ini tapi sekarang tidak lagi :D , TFS mas.

  6. Arfan . says :

    Sama-sama Mas..
    Wah mungkin bisa dishare tuh tips triknya nghindari web2 begitu mas,
    biar kalo googling efektif gituu.. :)

  7. Bambang Priantono says :

    Saya nebeng baca juga ya

    Buat saya yg penting banyak yg baca, perkara SEO naik..itu bonus

  8. Arfan . says :

    Silahken..

    Yg lebih penting lagi, kontennya memang bermanfaat, perkara banyak yang baca… itu pasti..
    Hehehe.. Gitu kan mas..

  9. Kang Ibut ™ says :

    ini yang perlu di pikirkan caranya :D mengasah kemampuan blogging lebih kreatif, bukan sekedar mencari kepopuleran.

Komentar anda

