Kuliah Publik “Bayang-Bayang Tuhan: Agama dan Imajinasi”

Mampukah agama hidup tanpa kebebasan, imajinasi, fantasi, inovasi, dan kreativitas sama sekali?

Bagaimana televisi bisa menyihir kesadaran keberagamaan seseorang?
Mengapa seseorang yang pada awalnya tidak menyukai baju koko, setelah melihat seorang ustad di televisi mendadak menjadi gandrung pada baju koko?
Bagaimana makna kesalahan dapat direproduksi di tengah komoditas?

Tanpa pernah disadari, elemen budaya populer, seperti televisi, turut mempengaruhi, keberagaman seseorang. Pada masa kini, wacana dan fenomena keberagaman tidak bisa dilepaskan dari tanda-tanda dan pencitraan yang tidak memiliki pijakan didalam tradisi agama itu sendiri. Agama, secara historis, selalu muncul di tengah kekisruhan sosial dan spiritual. Bisa dikatakan agama hadir untuk mentransformasikan kehidupan sosio-kultural masyarakat ke arah yang harmonis. Inilah yang disebut oleh orang bijak-bestari sebagai alkimia spiritual. Kini, setelah ribuan tahun dari masa kelahirannya, agama malah menjadi wahana srkulasi-kekal kapital dan tempat kekuasaan korup mendapatkan justifikasi ilahiah.

Pada masa awal, para pewarta agama bukan hanya bertindak sebagai juru dakwah, melainkan juga sebagai pejuang dan pembela kaum tertindas. Setelah ribuan tahun, kini para pewarta agama malah menjadi pewarta konsumerisme, bahkan menjadi ujung tombak promosi suatu produk komersial.

Dalam buku ini, Yasrif Amir Piliang – salah satu nama yang kesohor dalam jagat posmo di Indonesia – menganalisis agama dengan pendekatan cultural studies yang diharapkan dapat membentangkan ruang keanekaragaman dan multiplisitas pandangan, interpretasi, dan makna kultural realitas keagamaan. Buku ini, Bayang-bayang Tuhan: Agama dan Imajinasi, merupakan sebuah upaya melukiskan wacana agama dan realitas keberagaman dengan membuka ruang-ruang interpretasi terhadap fenomena atau realitas keagamaan melalui pendekatan budaya. Ia hendak melihat agama beserta turunannya dengan cara lebih cair, dinamis, imajinatif, dan inovatif, tidak seperti yang dibayangkan selama ini.

Sebagai sebuah upaya yang belum begitu banyak dilakukan di Indonesia, yakni mendekati agama – terutama fenomena keislaman – melalui cultural studies, kehadiran buku ini dirasa sangat penting.

Untuk menghidupkan dan membina komunitas intelektual yang tampaknya sedang meredup, YPM Salman ITB lewat Divisi Pengkajian & Penerbitan, bermaksud mengadakan kegiatan Telaah Buku “Bayang-Bayang Tuhan: Agama & Imajinasi” karya Yasraf Amir Piliang. Dengan kegiatan ini, diharapkan para peminat buku-buku pemikiran dapat menemukan ruang untuk memuaskan keingintahuannya. Selain itu, diharapkan pembaca awam yang belum berminat dapat memperoleh sisi-sisi yang menarik dari buku-buku tersebut sehingga tertarik untuk memilikinya.

Bentuk kegiatan ini adalah kuliah publik selama dua hari. Di hari pertama dan kedua akan menghadirkan dua pembicara, yang masing-masing menyampaikan pembedahannya atas buku tersebut, dalam bentuk perkuliahan, selama kurang lebih dua jam.

Pembicara:
Hari I Kamis, 4 Agustus 2011:
Yasraf Amir Piliang (pengkaji budaya populer)
jam 13.00-15.00

Afif Muhammad (Guru Besar UIN SGD)
jam 15.30-17.30

Hari II Jumat, 5 Agustus 2011:
Budhiana Kartawijaya (Pemred HU Pikiran Rakyat)
jam 13.00-15.00

Alfathri Adlin (pengkaji cultural studies dan tasawuf)
jam 15.30-17.30

Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut bayaran (gratis), namun untuk persiapan tempat dan ruangan, para peserta yang berminat mengikuti kuliah publik ini harus mendaftar terlebih dahulu, paling lambat tanggal 3 Agustus 2011.

Pendaftaran: Sekretariat Divisi Pengkajian dan Penerbitan YPM Salman ITB, Jalan Ganesha no. 7

Contact Person: Anis (0857 9417 3686)

Sekian.[]

Tags:

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: