Hospitality Club – Bringing people together…

Tautan: http://hospitalityclub.org

Hospitality Club (HC) adalah situs jejaring silaturahmi yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berkunjung dan saling menyediakan akomodasi bagi pengguna lainnya, baik pengguna lokal maupun mancanegara. Artinya, setiap member HC punya kesempatan untuk mendapatkan akomodasi gratis ketika sedang berkunjung ke kota atau negara tertentu.

Situs jejaring silaturahmi non-profit berbasis homestay network pertama di dunia ini didirikan tahun 2000. Sementara status sebagai jejaring silaturahmi terbesar telah diambil alih oleh CouchSurfing (CS), situs sejenis yang didirikan tahun 2003, karena tampilannya lebih modern dan lebih user friendly. Lebih dari itu CS merupakan situs for-profit. Dapat dibayangkan pengelolaan dan promosi situs yang lebih terorganisir, sehingga berhasil menjaring lebih banyak member.

Apa dan Bagaimana
Dengan jargon “bringing people together“, situs HC memang benar-benar membuka peluang bagi seluruh pelancong (traveller) di muka bumi ini untuk saling berkunjung dan saling bertukar informasi kebudayaan, dengan harapan besar mewujudkan kedamaian dunia. Begitu yang tertulis di halaman depan situs.

Member HC yang berencana untuk mengunjungi lokasi tertentu pada waktu tertentu, tinggal mencari database member yang bertempat tinggal di lokasi tujuan. Selanjutnya si calon tamu tinggal menghubungi si calon tuan rumah, untuk menanyakan kesediaan waktu/tempat bagi si calon pelancong. Setiap member berhak mengatur apa-apa saja yang mereka akan sediakan, dan apa saja yang tidak mereka sediakan bagi calon tamu.

Tidak ada urusan biaya di sini. Setiap member HC yang berminat untuk menyediakan akomodasi (baik berupa tempat tinggal sementara, kendaraan, atau waktu untuk guiding) melakukannya secara sukarela. Begitupun status keanggotaan dan pengurusan organisasi HC lokal maupun internasional, dilakukan secara sukarela.

Masalah kemanan? Tenang saja, setiap member akan saling memberi rate kepercayaan. Member tamu (guest) akan mengapresiasi laman profil member tuan rumah (host) yang pernah ia singgahi, begitupun sebaliknya. Alhasil, di setiap laman profil member, selalu ada keterangan tentang siapa saja yang pernah berkunjung dan kemana saja si member pernah berkunjung. Dan kita tinggal mempelajari ‘tingkat kebaikan’ si member lewat komentar-komentar yang dia terima.

Mungkin karena berbasis sukarela, maka situs HC sedikit membosankan dari segi tampilan. Bahkan update info situs dari pengelola pun sangat jarang. Makannya, member HC banyak yang beralih ke CouchSurfing, karena disana situsnya ‘lebih hidup’. Persis seperti para pengguna Friendster yang beramai-ramai beralih ke Facebook.

Saya pribadi mulai mengenal situs ini di 2008 setelah membaca buku Back “Europe” Pack: Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1.000 Dolar karya Marina Silvia K. (2008) yang bercerita dalam bukunya tentang keuntungan memanfaatkan jejaring HC untuk menekan biaya perjalanan ke luar negeri, terutama karena biaya akomodasi gratis.

Sayangnya situs Hospitality Club kini semakin meredup, banyak yang lebih memilih CouchSurfing karena itu tadi, situsnya ‘lebih hidup’.[]

Arfan
__________
NB: Ini laman profil saya di Hospitality Club: secure.hospitalityclub.org/hc/travel.php?cid=rfun

Tags: ,

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: