“Ironic” by Alanis Morissette

Ironic
Written by Alanis Morissette
Performed by Alanis Morissette
Albums Beneath the Surface (1996)

Ya semua tahu, tema musik yang paling laku adalah kisaran tema cinta, orang ketiga, dan sejenisnya. Terutama di sini, di Indonesia. Jengah betul saya mendengar lagu-lagu masa kini.

Tidak banyak musisi yang berbicara tentang hal-hal yang absurd. Dari musisi yang tidak banyak itu, salah satunya adalah Alanis Morissette. Musisi Kanada yang berjaya di 90-an ini cukup banyak mengangkat tema absurditas, di antaranya dapat kita simak dalam lagu berjudul Ironic.

Begitu jelinya Alanis mengangkat sebuah keironisan, sebuah keanehan yang justru sering mengitari kehidupan kita. Peristiwa yang kadang tidak terpikirkan untuk dijadikan sebuah nyanyian, justru bertebaran di lagu yang rilis tahun 1996 di album Beneath the Surface ini.

Kalau disimak baik-baik, lagu Ironic ternyata bercerita. Alanis membuat penokohan dan peristiwa ironis yang terjadi pada tokohnya tersebut: seorang kakek yang wafat setelah menang lotere, hujan di hari pernikahan, nasihat yang sebenarnya bijak yang baru saja kita tolak mentah-mentah, adalah diantara peristiwa-peristiwa ironis tersebut.

Tema lagu-lagunya yang kadang tak terbayang, lirik yang cergas dan catchy, serta warna vokal yang mungkin hanya dia yang punya, adalah kelebihan karya-karya Alanis. Hal itu bisa dibuktikan dalam hitsnya yang lain, seperti Hand In My Pocket, Thank You, That I Would Be Good, Uninvited, hingga You Learn.

Saat semua baik-baik saja tiba-tiba ada sesuatu yang membuat kita runtuh. Saat kita runtuh dan tak tahu berbuat apa, tiba-tiba selalu ada jalan keluar gratis. Itulah sepenggal makna yang menjadi antiklimaks ‘cerita’ Alanis ini. Di akhir lagu inilah, Alanis menyimpulkan bahwa hidup punya caranya sendiri untuk membuat kita berpikir.

Satu kalimat tentang lagu ini: Kekuatan Ironic ada di lirik.[]

Arfan

__________

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

One response to ““Ironic” by Alanis Morissette”

  1. vika says :

    Love that woman

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: