“You Don’t Know Me” by Peppi Kamadhatu

You Don’t Know Me
Written by Cindy Walker, Eddy Arnold
Performed by Peppi Kamadhatu
Albums Suddenly (2005)

Gila! Lima tahun menjadi pendengar setia suara bening Peppi Kamadhatu, baru sekarang saya tahu dia adalah biduan Indonesia asli.

Saya mulai keracunan suaranya berbarengan saat band akustik MYMP asal Filipina mulai terkenal di Indonesia, kira-kira sekitar 2006. Itulah, pada awalnya saya kira Peppi Kamadahatu adalah orang Filipina juga. Lagipula di tahun-tahun tersebut belum banyak info mengenai penyanyi kelahiran Semarang (1976) ini di internet.

Dulu, saat mengetikkan kata kunci “Peppi Kamadhatu”, yang muncul adalah laman-laman tentang situs sejarah, tentang kosmologi Buddha, dan tentang candi Borobudur. Karena ternyata Kamadhatu adalah salah satu tingkatan dalam Buddhisme yang menggambarkan semacam tingkat spiritualitas manusia. Kamadhatu juga adalah nama sekumpulan bangunan di segmen undak pertama candi Borobudur.

Nah, saya mulai curiga, kok penyanyi ini ada sangkut pautnya dengan Borobudur. Namun lama-lama saya tidak ambil pusing, dan akhirnya merasa cukup sekedar menikmati lagu-lagu di album Suddenly (2005) tanpa tahu asal muasal pelantun hits jazz daur-ulang ini.

Lama-lama mulai muncul lagi penasaran akan identitas penyanyi yang belakangan saya tahu ternyata adalah pianis pula. Ya, begitu mencoba googling di 2011 ini, ternyata sudah lumayan banyak informasi mengenai Peppi Kamadhatu. Dan baru saya tahu ternyata pianis sebuah band jazz bernama Kamadhatu ini sempat berguru pada legenda musik tanah air, Bubi Chen. Ya, wanita bernama asli Pissa Sesara adalah pianis yang merambah dunia vokal.
***
Membahas album daur ulang berarti tidak perlu menyangsikan lagu-lagunya, karena sudah jelas deretan lagu pasti berisi hits-hits besar pada jamannya. Maka di album Peppi yang satu ini, saya tidak ingin banyak komentar, silakan dengar kualitas suara sejuknya meliuk-liuk dengan irama smooth jazz.

Silakan menikmati artefak jazz mulai dari That’s What Friends Are For, Love Is A Many Splendored Thing, Route 66, Misty, Love, Fly Me To The Moon, We’re All Alone sampai You Don’t Know Me.

Omong-omong, sayang sekali ya penyanyi sekelas Peppi Kamadhatu kurang ‘meledak’ di dunia musik tanah air. Info tentangnya saja sempat sulit dicari. Tapi walau diskografi Peppi Kamadhatu masih terbilang minim di dunia maya, namun saya sudah bisa katakan: Nah, Mbak Peppi, now I do know you.[]

Arfan

__________

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Komentar anda

