Merendah

Sudah merupakan ketentuan alam yang tidak dapat diganggu gugat keabsahannya, bahwa air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Dari mata air mengalir melewati bebatuan untuk kemudian bergabung dengan aliran lainnya sehingga membentuk sungai yang berhimpun menjadi jeram. Pada akhirnya air berhimpun di muara untuk selanjutnya mengalir memenuhi samudera.

Adapun air yang terangkat ke langit sebagai uap, tidak mungkin tidak akan kembali lagi ke tempat yang lebih rendah yaitu bumi, sebagai hujan yang bermanfaat bagi sekitar.

Semua fase perjalanan air sangat teratur mengikuti ketentuan alam, mengalir darit tempat tinggi ke tempat lebih rendah. Bagaimana wujud sungai yang justru mengalir ke atas pegunungan, sesungguhnya tidak pernah terbayangkan.

Dikatakan, lebih dari separuh tubuh manusia terdiri dari air. Artinya manusia tidak lepas dari hukum yang ditentukan alam bagi air. Untuk itu, yang sungguh sangat penting diusahakan seseorang adalah bagaimana supaya dapat menerus bersikap merendah. Merendah berarti menjaga ketetapan yang berlaku pada air, supaya dirinya terus menerus harmonis dengan ketentuan alam. Karena ketidakharmonisan dengan alam berarti sumber bencana.

Semakin tinggi fase hidupnya, semakin rendahlah hatinya, semakin tunduklah ia terhadap ketentuan alam, dan semakin bijak. Karena, bagaimana wujud manusia yang semakin berusia semakin berilmu, tapi justru sikapnya semakin ‘meninggi’, sesungguhnya tidak pernah terbayangkan.[]

Arfan

__________
Catatan: tulisan untuk mengingatkan diri sendiri :|

Sumber ilustrasi: paintinghere.com

Tags:

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: