Satu Rupiah Untuk Kebanggan Indonesia


Posisi Pulau Komodo terus merosot, meski sempat bertengger di posisi ke-4 pada pertengahan 2009 silam. Sejak awal tahun 2010, Pulau Komodo mulai terseok-seok memperoleh dukungan sehingga terlempar dari jajaran tujuh besar. Posisi Pulau Komodo terkoreksi di urutan 8-14 (nasional.vivanews.com, 2 Oktober 2011).

Berdasarkan keterangan di laman Voting Trends per 17 Oktober 2011, dukungan untuk Pulau Komodo sebagai satu dari 28 finalis New 7 Wonders of Nature, sedang turun. Laman Voting Trends menunjukkan perkembangan dukungan masyarakat yang diterima oleh masing-masing finalis, berikut screenshot-nya:

Untuk itu Panitia Pemenangan Pulau Komodo kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk mengirimkan short message service (SMS) vote untuk mendukung Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru kategori alam. Menurut Ketua Panitia Emmy Hafild, saat ini para pendukung komodo dapat mengirimkan SMS melalui semua operator layanan selular dengan harga SMS Rp 1 (travel.Kompas.com, 17 Oktober 2011).

Sebelumnya, satu pesan pendek dukungan yang dikirimkan dikenai biaya 1000 rupiah, sekarang turun menjadi 1 rupiah. Mungkin untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mendukung Pulau Komodo menjadi satu dari 7 Keajaiban Dunia. Namun yang jelas, setelah saya coba mengirim pesan pendek, ternyata pulsa tidak berkurang samasekali.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mendukung, tapi yang paling mudah adalah dengan vote sms. Bagi anda yang mau mendukung, tinggal kirim pesan singkat dengan mengetik: KOMODO kirim ke 9818.

Pemilihan finalis untuk menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia versi New Seven Wonders Foundation dilakukan pada tanggal 11 November 2011. Pulau Komodo bisa masuk dalam tujuh besar, asalkan ada 120 juta suara sebelum tanggal tersebut. Ayo kirim sms sebanyaknya. Satu rupiah untuk menambah satu kebanggaan Indonesia.[]

Arfan

__________
Ilustrasi: mesmerizejourneys.wordpress.com
Screenshot: arfun.multiply.com
Sumber: new7wonders.com, travel.kompas.com, nasional.vivanews.com

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

6 responses to “Satu Rupiah Untuk Kebanggan Indonesia”

  1. Bambang Priantono says :

    serius 1 rupiah doang?

  2. Arfan . says :

    Kata berita di kompas sih gitu. Tapi barusan saya coba sms, malah gak berkurang pulsa samasekali.

  3. Kang Ibut ™ says :

    :-) wah lumayan tuh, seandainya votenya benar-benar mencapai 120juta berarti rupiah yang terkumpul juga 120jt x Rp1,- = Rp120jt, kira-kira tuh uang lari kemana yak :D

    :) sebagian masyarakat indonesia juga masih ragu apakah itu benar-benar asli, pasalnya lembaga yang menyelenggarakan pemilihan itu adalah lembaga swasta, bahkan UNESCO-pun juga tidak mau bekerja sama : http://whc.unesco.org/en/news/352

  4. Arfan . says :

    Iya ternyata masih banyak kasak-kusuk tentang agenda New 7 Wonder (N7W) ini. Seperti yang ditulis di: http://www.detiknews.com/read/2011/11/01/110518/1757187/10/kejanggalan-panitia-new7-wonders-versi-kbri-bern

    Hanya saja yang justru lebih janggal:
    1. Kenapa baru sekarang, menjelang batas akhir, isu kejanggalan baru muncul?
    2. Jika betul kasak-kusuk itu adalah fakta, kenapa tokoh-tokoh Indonesia yang cukup dihormati seperti JK (Duta Pulau Komodo), yang justru mengembar-gemborkan pertama kali tentang vote di atas?
    3. Juga media massa besar seperti Kompas, MetroTV,VivaNews turut mempromosikan anjuran vote, kenapa tidak ada cross check terlebih dahulu sebagai tanggungjawab jurnalis, sebelum melempar ajakan kepada masyarakat?
    4. Jika betul penyelenggara N7W itu gadungan, mengapa sebuah Negara Berdaulat sebesar Indonesia bisa sampai tertipu? Apalagi kabarnya Menbudpar harus membayar nominal tertentu kepada penyelenggara. Bukankah perkara anggaran adalah hal yang betul2 harus dibicarakan serius, ditelusuri skala prioritasnya, dsb. Nah ini, kok bisa ya Pemerintahan sebuah negara bisa miss dalam hal administratif yang sangat sepele seperti itu?

    Entah, isu yang mana yang benar. Yang jelas tulisan “Satu Rupiah Untuk Kebanggan Indonesia” diposting jauh sebelum isu-isu tentang kejanggalan N7W merebak; sebagai wujud kerinduan warga negara akan prestasi Indonesia di kancah dunia.

    Kalau memang betul isu kejanggalan N7W tersebut benar, mengutip salahsatu komentar di sebuah milis:
    “Komodo dikadalin!”

    Hehehe…

  5. Kang Ibut ™ says :

    :D lucu sekali. Kitatunggu 11 november mendatang.

  6. Arfan . says :

    Iya. Nunggu 11-11-11.

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: