Kuliah Umum – Yasraf Amir Piliang

SEMIOTIKA DAN HIPERSEMIOTIKA: Kode, Gaya dan Matinya Makna

“…Semiotika pada prinsipnya adalah sebuah disiplin yang mempelajari segala sesuatu yang dapat digunakan untuk berdusta.” (Umberto Eco)

Definisi Eco ini—meskipun mungkin sangat mencegangkan banyak orang—secara eksplisit menjelaskan betapa sentralnya konsep dusta di dalam wacana semiotika, sehingga dusta tampaknya menjadi prinsip utama semiotika itu sendiri. Akan tetapi, apa sesungguhnya maksud Eco dengan definisi tersebut: apakah ia tengah bermain-main; tengah menawarkan sebuah bahasa hiperbolis; tengah menciptakan metafora; atau tengah melakukan dusta itu sendiri? Sebab, bila segala sesuatu—yang dalam terminologi semiotika disebut sebagai tanda—semata alat untuk berdusta, maka setiap tanda akan selalu mengandung muatan dusta; setiap makna adalah dusta; setiap pengguna tanda adalah para pendusta; setiap proses pertandaan adalah kedustaan; Eco sendiri adalah seorang pendusta; dan, semiotika itu sendiri tak lebih dari sebuah ilmu tentang kedustaan?

Lalu, bagaimana dengan hipersemiotika? Hipersemiotika dapat diartikan sebagai teori kedustaan. Awalan hiper pada istilah hipersemiotika—yang bermakna melampaui—memperlihatkan, bahwa hipersemiotika tidak sekadar teori kedustaan, akan tetapi teori yang berkaitan dengan relasi-relasi lainnya yang lebih kompleks antara tanda, makna, dan realitas, khususnya relasi simulasi. Pertanyaan pertama yang mungkin muncul adalah: apakah mungkin ada ilmu semacam itu? Bila ada, apa relasinya dengan semiotika (semiotics atau semiology)? Apakah ia berbeda dengan semiotika, atau merupakan kategori baru semiotika?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka Studia Humanika Salman akan mengadakan kuliah publik dari Yasraf Amir Piliang dengan judul: “Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya dan Matinya Makna”. Kuliah ini merupakan pengantar awal untuk Serial kuliah publik berikutnya dari Yasraf Amir Piliang, yang mengangkat tema “Semiotika”, di bulan Desember mendatang.

Waktu:

Rabu, 2 November 2011, 15.30-18.30

Tempat:

GSS Kompleks Masjid Salman ITB, Jln Ganesha No. 7 Bandung, Indonesia

Kuliah publik ini terbuka untuk umum dan gratis, namun peserta harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa mengikuti kuliah publik ini. Pendaftaran langsung ke Sekretariat DPP (Divisi Pengkajian dan Penerbitan), setiap hari dan jam kerja (Senin-Jumat, pukul 08.00-16.00; Sabtu, pukul 08.00-14.00).

Informasi lebih lanjut, silahkan kontak: Anis (0857-73686)[]

Tags: ,

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: