Laman Tentang Komunitas Buleut

Akhir April 2012 lalu beberapa kawan dan saya merintis sebuah komunitas bermain bersama anak-anak. Komunitas itu bernama Buleut. Setelah berjalan selama beberapa kegiatan, baru terpikir untuk membikin sebuah blog atau situs demi mendokumentasikan kegiatan dan meyebarluaskan perihal Komunitas Buleut ke khalayak umum. Maka terbikinlah blog dengan nama “Buletin Buleut” yang beralamat di http://buleut.wordpress.com.

Blog tentunya perlu memiliki laman perihal (about) yang berisikan penjelasan ini-itu tentang blog itu sendiri atau tentang si empunya blog. Untuk itu saya membikin materi dari laman Tentang Buleut dengan isi sebagai tertulis di bawah ini. Semoga bermanfaat.


Buleut adalah kependekan dari budak leutik, diambil dari bahasa Sunda yang artinya anak kecil. Komunitas Buleut adalah wadah bermain, berkarya, dan berbagi bersama budak leutik di sekitar kita. Komunitas Buleut didirikan pada penghujung 2011 atas dasar pemikiran beberapa anak muda yang merasa perlu adanya suatu wadah bermain bagi anak-anak; karena belakangan ini wadah bermain tersebut semakin sempit dalam arti harfiah maupun maknawi.

Selain itu, secara hakikat dunia anak memanglah dunia bermain. Oleh karenanya, dengan sedikit kemampuan namun dengan besar kemauan, Komunitas Buleut berusaha untuk mengembalikan dunia bermain yang terampas oleh zaman, kepada yang paling berhak menerimanya, yaitu anak-anak di sekitar kita. Walaupun kami sadar, sesadar-sadarnya bahwa tugas ini teramat berat, namun toh tidak ada yang tidak mungkin dalam kamus imajinasi.

Kegiatan reguler kami adalah bermain, berkarya, dan berbagi sekali dalam tiap bulannya. Adapun waktu pelaksanaan serta pihak-pihak yang kami ajak serta dalam setiap kegiatannya bersifat tentatif. Secara umum, sasaran tiap kegiatan Komunitas Buleut adalah anak-anak usia bermain, baik dari wadah panti asuhan, anak jalanan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Luar Biasa (SLB) di daerah Bandung dan sekitarnya. Kami sebut mereka adik-adik Buleut.

Komunitas Buleut sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung atau sekedar berbagi. Bagi kakak-kakak yang ingin bergabung dalam kegiatan Komunitas Buleut silakan pantau terus twitter @buleut dan blog buleut.wordpress.com.

Untuk info lebih lanjut, pertanyaan, maupun sharing ide, silakan kakak-kakak menghubungi salahsatu dari kontak di bawah ini:

  • Dhea Karlina Irwanto (@dheadki): 08561586182
  • Naomy Tambunan (@nomicomico): 085220226522
  • Email: komunitasbuleut@gmail.com

Akhir kata izinkan pergerakan kecil ini menebar manfaat sebesar-besarnya.

Salam hangat :)

KOMUNITAS BULEUT


Oh ya, postingan ini bukan sekedar basa-basi lho. Saya bermaksud berpromosi pula tentang Komunitas Buleut. Mari bergabung kak! []

Tags: ,

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: