Studia Humanika “MENGUPAS MARXISME”

LATAR BELAKANG

Di Eropa, setelah runtuhnya Tembok Berlin dan lebih-lebih setelah keguncangan kapitalisme pada 2008, bergaung istilah “The Spectre of Marx”, “Hantu Marx”.

Koran-koran terkemuka Eropa mulai dari The Guardian sampai The Financial Times semuanya kembali menyebut sang filsuf, sejarawan dan ahli ekonomi revolusioner dari abad 19 ini. Di Jerman, cetakan “Das Kapital” dengan cepat hilang dari rak-rak toko buku. Bahkan presiden Prancis (saat itu), Nicolas Sarkozy, juga terlihat mencari-cari buku tersebut.

“Hantu Marx” juga telah lama melanda Indonesia, dalam konteks yang berbeda tentunya. Sejak Peristiwa G30S yang kemudian mengantarkan lahirnya Rezim Orde Baru, membicarakan pemikiran Marx adalah sesuatu yang bukan saja tabu, melainkan juga terlarang. Marx si Mbah Jenggot menjadi sosok yang menakutkan! Mungkin salah satu sebabnya, adalah pelekatan Marxisme dengan komunisme, ateisme, dan bahkan mungkin juga anarkisme.

Padahal, dalam wacana akademis, pemikiran Marx bergaung ke segala arah disiplin ilmu. Bukan saja ekonomi, melainkan juga sosiologi, politik, antropologi, komunikasi dll. Sayangnya, bahkan nama Marx pun sangat sulit ditemukan dalam buku-buku teks ilmu sosial sekolah menengah di Indonesia.

Kuliah ini bertujuan mengisi kekosongan “sejarah” tersebut. Insya Allah Studia Humanika kali ini akan memperkenalkan dasar-dasar pemikiran Marx dan pengaruhnya dalam berbagai disiplin ilmu sosial.

PEMBICARA
MARTIN SURYAJAYA (penulis buku “Masa Depan Marxisme”, lulusan Jurusan Filsafat STF Driyarkara dan mantan Pemimpin Redaksi Jurnal Filsafat Driyarkara 2007-2008)

MATERI & WAKTU
SESI I: Dasar Pemikiran Marx
Jumat, 12 Oktober 2012 pkl. 15.30-17.30 WIB

SESI II: Pengaruh Marx dalam Filsafat Kontemporer
Sabtu, 13 Oktober 2012 pkl. 13.30-15.15 WIB

SESI III: Pengaruh Marx dalam Ilmu-Ilmu Sosial sampai Saat Ini
Sabtu, 13 Oktober 2012 pkl. 15.45-17.45 WIB

TEMPAT
Ruang GSS (Gedung Sayap Selatan) Kompleks Masjid Salman ITB

BIAYA PENDAFTARAN
Mahasiswa S1: Rp. 30 ribu per sesi
Mahasiswa S2, S3 dan Umum: Rp. 50 ribu per sesi

Diskon 20% bagi peserta yang mendaftarkan diri untuk tiga sesi sekaligus. Diskon tambahan 30% bagi peserta yang telah mengikuti MINIMAL tiga event Studia Humanika sebelumnya (dibuktikan dengan sertifikat).

FASILITAS
– Handout materi (jika disediakan pembicara)
– Sertifikat
– Snack

PENDAFTARAN
Langsung ke Sekretariat Bid. Pengkajian & Penerbitan Salman ITB Gd. Kayu Lt. 1 Kompleks Masjid Salman ITB Jl. Ganesha No. 7 Bandung, setiap hari dan jam kerja. Informasi pendaftaran: SMS ke 0857-941-73686 (Anis), e-mail ke studia.humanika@salmanitb.com, atau via wall event ini di Facebook.

Tags: ,

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

4 responses to “Studia Humanika “MENGUPAS MARXISME””

  1. faziazen says :

    wahh..jauh..
    lagi gendong anak 24 jam sehari pula..semoga lain kali bisa ikut
    sepertinya menarik

    btw, benarkah si Marx mati merana?

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: