Sop Kaki Kambing

Makanan ini biasanya dijajakan di warung pinggir jalan, dengan spanduk bertuliskan “Sop Kaki Kambing”, dan biasanya ditambah embel-embel ‘Khas Jakarta’, ‘Tanah Abang’, dsb. Dan yang selalu hampir pasti, ada deretan angka yang entah apa artinya, seperti ‘999’, ‘888’, dsb. Tapi saya belum pernah bertemu tenda yang bertuliskan ‘666’, padahal kan tiga angka enam ini setidaknya ada hubungan dengan baphomet, sabbatic goat, alias kambing :).

Kita bisa memilih menu sop kaki, mulai dari tetelan, lidah, potongan kepala kambing, jeroan seperti paru, usus, babat, limpa, otak, dan yang pasti jawaranya, kaki kambing. Setelah memilih bagian yang mau kita santap, pedagang tinggal meracik tetelan dengan bumbu, potongan tomat, irisan bawang daun, lalu disiram kuah. Terakhir tidak lupa ditambahkan minyak samin, seperti mentega, yang akan mencair di atas kuah panas. Disajikan dengan nasi putih panas, dan taburan bawang goreng. Juga acar yang isinya mentimun, wortel, bawang merah, dan rawit. Biar seger, peras jeruk nipis di atas sop. Sedap.

Meski hobi makanan ini, saya tak pernah tahu cara menghitung harganya. Tiap kali makan, selalu berbeda-beda harga. Mungkin karena saya selalu ambil menu sendiri. Saya biasanya selalu memilih kaki dan otak, sisanya tak tentu. Kaki, karena cara makannya tricky sementara otak, karena sensasinya yang luar biasa, lumer di lidah. Nikmat.

Oh ya, mau tahu tips supaya lebih nikmat saat menyantap sop kaki kambing?  Sebelum makan, jangan pikir dulu masalah kesehatan.[]

Arfan

__________
Galeri foto:


Foto: dokumen pribadi.

Tags: ,

About Arfan

Kurang ajar, makanya belajar.

Komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: